Selamat Datang di Ruang Rindu

Ruang Pemberdayaan dan Perlindungan Ibu

Layanan Kita

Layanan terintegrasi dari konseling hingga rujukan pendampingan

Konseling

Menghadirkan layanan konseling daring dan luring

Rujukan Pendampingan

Menghadirkan rujukan pendampingan dari berbagai aspek

Latar Belakang

Kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Banyuwangi telah ditangani secara khusus sejak tahun 2008, dibawah koordinasi Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak (KPPA) Banyuwangi yang merupakan sinergitas pemerintah, penegak hokum, dan organisasi masyarakat sipil.

Kerja-kerja pendampingan korban kekerasan kemudian dilakukan oleh Pusat Pelayanan Terpadu dan Permberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) sesuai dengan mandat Perda No. 1 Tahun 2011 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan dan Perdagangan Orang.

Keberadaan P2TP2A mampu mendorong masyarakat untuk lebih percaya dalam mencari keadilan bagi korban dengan melaporkan kasus-kasus kekerasan dan perdagangan orang.
Untuk meningkatkan pelayanan pengaduan dan pendampingan korban, P2TP2A mengembangkan layanan melalui Banyuwangi Children Center (BCC) yang merupakan layanan pengaduan kasus kekerasan pada anak secara online dan membangun kerjasama dengan Penggerak PKK Kabupaten yang telah menyiapkan program inovasi bernama BENGKEL SAKINAH, layanan terpadu dalam Posyandu untuk menerima pengaduan kasus kekerasan.
RUANG RINDU

Berdasarkan pengalaman melakukan pendampingan korban dan keluarganya, diketahui bahwa peran ibu atau perempuan dalam keluarga sangat penting dan kuat. Dalam budaya yang masih diliputi ketidaksetaraan peran perempuan sering tidak tampak dan bahkan terabaikan. Perempuan acapkali dianggap sebagai sumber masalah padahal sebagian besar justru berperan sebagai solusi dari masalah-masalah keluarga. Oleh karenanya penting untuk memberi Ruang yang membantu para perempuan dan Ibu untuk bisa menyampaikan pikiran dan menunjukkan kemampuannya.

Gagasan RUANG RINDU yang merupakan Ruang Permberdayaan dan Perlindungan Ibu adalah respon dari kondisi yang dihadapi saat ini. RUANG RINDU akan mendampingi para perempuan dan Ibu untuk mengatasi berbagai masalah dengan mendengarkan suara mereka, mendiskusikan jalan terbaik, dan membuka akses informasi dan layanan sesuai yang dibutuhkan. Kami percaya seorang Ibu akan mampu mewujudkan kedamaian bagi dirinya, keluarga, lingkungan, dan negaranya

Visi

Terwujudnya masyarakat yang inklusif, sehat, aman, dan berkeadilan gender melalui pemberdayaan perempuan dan ketahanan keluarga.

Misi

Meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama perempuan, melalui pendidikan yang membebaskan

Mengembangkan pola hubungan yang setara dan berkeadilan gender diantara perempuan dan laki-laki, orang tua dan anak, keluarga dan lingkungan

Memberdayakan perempuan sebagai agen perubahan bagi keluarga, masyarakat, dan Negara

Mendampingi perempuan dan anak yang berada dalam situasi krisis karena menghadapi masalah psikologis dan atau bentuk kekerasan lain

Prinsip Kerja

1. Non Diskriminasi

2. Tidak Menghakimi

3. Terpadu

4. Aman

5. Menjaga Kerahasiaan

6. Client's Center

7. Tidak Dipungut Biaya

Masalah yang ditangani

Masalah psikis

Hubungan dengan pasangan, perkawinan, pola asuh anak, kesehatan reproduksi, seksualitas, penyakit reproduksi (ISR, kanker, HIV dan AIDS), keterlibatan dengan kelompok ekstrimis.

Kasus kekerasan

fisik, seksual, psikis berat , perdagangan orang

Proses Konseling

1. Konseling Online

dengan menghubungi no whatsapp atau konseling online melalui website yang tersedia

2. Konseling Tatap Muka

Jika membutuhkan bicara langsung dengan Konselor, dapat mengunjungi kantor Ruang Rindu di hari dan jam pelayanan

3. Rujukan

Jika membutuhkan rujukan ke bidang terkait, dapat menghubungi konselor dan minta bantuan rujukan